- Bahasa Indonesia
- English
You are here
Kompetensi Lulusan Prodi Manajemen
Primary tabs
A. Deskripsi Generik KKNI
Terdapat sejumlah sejumlah deskripsi generik dari kualifikasi yang harus dicapai oleh lulusan Strata 1 seperti yang tertuang pada Lampiran Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, yang terdiri dari deskripsi kompetensi yang harus dimiliki oleh semua level dan deskripsi kompetensi yang terkait dengan level/jenjang pendidikan yang disandang oleh lulusan strata 1.
Uraian deskripsi umum yang harus ada pada semua tingkatan dalam KKNI adalah sebagai berikut:
a. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
b. Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalammenyelesaikan tugasnya,
c. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air sertamendukung perdamaian dunia,
d. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya,
e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, danagama serta pendapat/temuan orisinal orang lain,
f. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untukmendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.
B. Kualfikasi Lulusan Prodi Manajemen
Lulusan Strata 1 dalam perspektif KKNI berada pada level 6 yang diharapkan mencapai kualifikasi sebagai berikut:
a. Mampu mengaplikasikan bidang keahlian manajemen dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi
b. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
c. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
d. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.
C. Deskripsi Spesifik Program Studi Manajemen
Terdapat sejumlah pertimbangan dalam perumusan deskripsi spesifik Program Studi Manajemen FE UNY, yaitu uraian deskripsi generik KKNI untuk level 6, analisis SWOT, dan tracer study. Berdasarkan masukan atas ketiga hal tersebut, Program Studi Manajemen menetapkan deskripsi spesifik program studi, yaitu:
Kode |
Dskripsi Generik |
Aspek |
Kode |
Deskripsi Spesifik |
---|---|---|---|---|
A |
Mampu mengaplikasikan bidang keahlian manajemen dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi |
Aspek Pekerjaan |
A1 |
Mampu mengaplikasikan ilmu manajemen |
A2 |
Mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang manajemen |
|||
A3 |
Mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi |
|||
B |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural |
Aspek Keilmuan |
B1 |
Menguasai konsep teoritis bidang ilmu Manajemen secara umum |
B2 |
Menguasai konsep teoritis manajemen SDM, Keuangan, dan Pemasaran secara mendalam |
|||
B3 |
memformulasikan penyelesaian masalah prosedural secara manajerial |
|||
C |
Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok |
Aspek Manajerial |
C1 |
Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data |
C2 |
mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternative solusi secara mandiri |
|||
D |
Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi |
Aspek Sikap dan Karakter |
D1 |
Bertanggung jawab secara profesional dan etik terhadap pencapaian hasil kerja individu |
D2 |
Bertanggung jawab secara profesional dan etik terhadap pencapaian hasil kelompok |
|||
D3 |
Bersikap sesuai dengan tuntutan spiritual |
|||
D4 |
Bersikap sesuai dengan tuntutan Sosial |
|||
D5 |
Bersikap sesuai dengan tuntutan Profesional |
D. Capaian Pembelajaran (Learning Outcome, LO) Program Studi Manajemen
Capaian Pembelajaran (Learning Outcome, LO) Program Studi Manajemen mempertimbangkan deskripsi generik dan spesifik serta masing-masing profil lulusan Program Studi Manajemen FE UNY sebagai manajer, ilmuwan, dan wirausahawan. Program Studi Manajemen menetapkan capaian pembelajaran lulusan Program Studi Manajemen, yaitu:
1) Aspek Pekerjaan
2) Aspek Keilmuan
3) Aspek Manajerial
4) Aspek Sikap dan Karakter
Kode |
Deskripsi Generik |
Aspek |
Kode |
Deskripsi Spesifik Prodi Manajemen |
Learning Outcome* Manajer |
Learning Outcome* Ilmuwan |
Learning Outcome* Wirausaha |
---|---|---|---|---|---|---|---|
A |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi |
Aspek Pekerjaan |
A1 |
Mampu mengaplikasikan ilmu manajemen |
Membuat perencanaan dan tujuan kerja |
Menangkap peluang pengembangan ilmu manajemen |
Menyusun analisa peluang bisnis di berbagai bidang |
Mengalokasikan sumberdaya dan menentukan prioritas |
Merancang program pengembangan ilmu manajemen |
Menyusun perencanaan bisnis secara profesional |
|||||
Mengkoordinasikan berbagai sumberdaya untuk menjalankan program kerja |
Melakukan transfer knowledge |
Mengelola bisnis secara professional |
|||||
Melakukan pengarahan dan pengawasan |
Menulis karya ilmiah |
Mengevaluasi program bisnis |
|||||
Mengevaluasi program kerja |
|
||||||
A2 |
Mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang manajemen |
Memahami perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi |
Mengidentifikasikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang manajemen |
Memahami perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi |
|||
Memilih dan mengotimalkan penggunaan teknologi yang dibutuhkan untuk pekerjaan manajerial |
Mengotimalkan penggunaan teknologi yang dibutuhkan untuk pengembangan ilmu manajemen |
Memilih dan mengotimalkan penggunaan teknologi yang dibutuhkan untuk pengelolaan dan pengembangan bisnis |
|||||
Mengidentifikasikan kebutuhan teknologi untuk kebutuhan tantangan manajerial yang akan datang |
Mensinergikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi |
|
|||||
A3 |
Mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi |
Mengidentifikasi dinamika kerja |
Memahami perkembangan tuntutan ilmu manajemen |
Menganalisis tantangan dan dinamika bisnis |
|||
Menyelesaikan konflik dan stress dalam organisasi |
Mengikuti dan memahami perkembangan ilmu manajemen |
Menyusun penyesuaian strategi bisnis |
|||||
B |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum, dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural |
Aspek Keilmuan |
B1 |
Menguasai konsep teoritis bidang ilmu Manajemen secara umum |
Memahami konsep ilmu sosial dan ekonomi secara makro |
Memahami filosofi ilmu manajemen |
Memahami konsep bisnis dan ilmu manajemen secara umum |
Menguasai konsep penyusunan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan evaluasi kerja |
Memahami berbagai metodologi dalam ilmu manajemen |
Menguasai konsep penyusunan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan evaluasi bisnis |
|||||
Mengupdate informasi best practice dalam perapan ilmu manajemen |
Memahami kasus dan best practice penerapan Ilmu manajemen |
Mengupdate informasi best practice perapan ilmu manajemen dalam bisnis |
|||||
Memahami konsekuensi perubahan sosial dan ekonomi terhadap penerapan ilmu manajemen |
Memahami tuntutan perkembangan ilmu manajemen |
||||||
B2 |
Menguasai konsep teoritis manajemen SDM, Keuangan, dan Pemasaran secara mendalam |
Mendiskripsikan tantangan lokal dan global dalam manajemen SDM, Keuangan, dan Pemasaran dalam mengelola organisasi |
Memahami perkembangan, tantangan, dan tuntutan globaisasi dalam ilmu manajemen SDM, Keuangan, dan Pemasaran |
Memahami ilmu manajemen SDM, Keuangan, dan Pemasaran dalam menjalankan bisnis |
|||
Memahami konsep penyusun strategi dan program Manajemen SDM, Keuangan, dan Pemasaran |
Memahami dinamika ilmu manajemen SDM, Keuangan, dan Pemasaran secara teoritis dan empiris |
Memahami ilmu manajemen SDM, keuangan, dan pemasaran, untuk memahami kasus dan best practice dalam dunia bisnis |
|||||
Memahami konsep dan mekanisme pengawasan pelaksanaan program fungsi-fungsi Manajemen SDM, Keuangan, dan Pemasaran |
Memahami kasus dan best practice penerapan ilmu manajemen dan menerapkan dalam ranah koseptual |
|
|||||
Memahami konsep dan mekanisme dalam membuat keputusan manajerial terkait dengan fungsi-fungsi Manajemen SDM (rekrutmen, seleksi, analisis jabatan dan desain kerja, penempatan, pelatihan dan pengembangan, kompensasi, Karir, PHK dan fungsi MSDM lain), Keuangan (pembelanjaan, pembiayaan, pengelolaan profit), dan Pemasaran (strategi pemasaran dan bauran pemasaran) |
Memahami fungsi-fungsi Manajemen SDM (rekrutmen, seleksi, analisis jabatan dan desain kerja, penempatan, pelatihan dan pengembangan, kompensasi, Karir, PHK dan fungsi MSDM lain), Keuangan (pembelanjaan, pembiayaan, pengelolaan profit), dan Pemasaran (strategi pemasaran dan bauran pemasaran) secara teoritis dan empiris, dalam berbagai perspektif |
|
|||||
Memahami mekanisme pengelola dan memanfaatkan informasi dan potensi SDM, Keuangan, dan Pemasaran |
Memahami konsep penerapan teknologi dalam penerapan fungsi-fungsi manajemen SDM, keuagan, dan pemasaran |
|
|||||
Memahami konsep ilmu teknologi informasi dalam Manajemen SDM, Keuangan, dan Pemasaran |
|
|
|||||
Memahami konsep dan mekanise dalam melakukan evaluasi program fungsi-fungsi Manajemen SDM, Keuangan, dan Pemasaran |
|
|
|||||
B3 |
Memformulasikan penyelesaian masalah prosedural secara manajerial |
Memahami mekanisme penyelesaian problem didunia kerja |
Memahami metodologi penelitian dalam pengembangan ilmu manajemen |
Memahami ilmu dan mekanisme negosiasi dan konflik dalam bisnis |
|||
Memahami analisis root problems dalam dunia kerja |
|
Memahami peraturan pemerintah dalam pengembangan bisnis |
|||||
Memahami penyusunan mekanisme penyelesaian konflik kerja |
|
|
|||||
Memahami mekanisme negosiasi di dunia kerja |
|
|
|||||
C |
Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok |
Aspek Manajerial |
C1 |
Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data |
Melakukan analisis kebutuhan (needs assesment); SWOT, VRIO, ASSIST, Forcast dll |
Melakukan analisis kebutuhan (needs assesment); SWOT, VRIO, ASSIST, Forcast dll |
Melakukan analisis kebutuhan (needs assesment); SWOT, VRIO, ASSIST, Forcast dll |
Merumuskan orientasi kerja dan perusahaan |
Merumuskan orientasi kerja pengembangan ilmu manajemen |
Merumuskan orientasi dan pengembangan bisnis |
|||||
Menyusun obyek, mekanisme, prioritas kerja dan tujuan |
Menyusun obyek, mekanisme, prioritas kerja dan tujuan pengembangan ilmu |
Menyusun obyek, mekanisme, prioritas kerja dan tujuan pengelolaan dan pengembangan bisnis |
|||||
C2 |
mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternative solusi secara mandiri |
Mengkomunikasikan hasil need asessment hingga proritas kerja kepada stakeholders sesuai kebutuhan |
Mengkomunikasikan hasil need asessment hingga proritas kepada stakeholders sesuai kebutuhan pengembangan ilmu |
Mengkomunikasikan hasil need asessment hingga orientasi bisnis kepada stakeholders sesuai kebutuhan |
|||
Melakukan komunikasi, koordinasi, dan diskusi dengan stakeholder tertentu dalam menggali dan merumuskan keputusan manajerial |
Melakukan komunikasi, koordinasi, dan diskusi dengan stakeholder tertentu dalam menggali dan merumuskan arah dan mekanisme pengembangan ilmu |
Melakukan komunikasi, koordinasi, dan diskusi dengan stakeholder tertentu dalam menggali dan merumuskan pengembangan bisnis dan industry |
|||||
Menjelaskan dasar dan hasil keputusan manajerial kepada stakeholders (atasan, bawahan, dan unit terkait lain) sesuai kebutuhan |
Menjelaskan dasar dan hasil (pengembangan) ilmu manajemen kepada stakeholders (pelajar, trainee, dll) sesuai kebutuhan |
Menjelaskan dasar dan hasil keputusan manajerial kepada stakeholders (karyawan, perintah, dll) sesuai kebutuhan |
|||||
D |
Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi |
Aspek Sikap dan karakter |
D1 |
Bertanggung jawab secara profesional dan etik terhadap pencapaian hasil kerja individu |
Menyusun laporan kerja secara berkala |
Menyusun laporan kerja secara berkala |
Menjelaskan keputusan bisnisnya kepada karyawan |
Meningkatkan person fit dengan pekerjaan, institusi, lingkungan kerjanya |
Meningkatkan kapasitas keahlian khususnya dalam bidang ilmu manjemen |
Memiliki semangat untuk sharing informasi perkembangan usahanya dengan karyawanya |
|||||
Memiliki orentasi pengembangan diri untuk mendukung pekerjaan |
Meningkatkan kualitas dan kuantitas karya ilmiah dan tulisannya dalam berbagai bentuk publikasi ilmiah |
|
|||||
D2 |
Bertanggung jawab secara profesional dan etik terhadap pencapaian hasil kelompok |
Meningkatkan kapasitas kepemimpinan dan komunikasi diri dan kelompok |
Memperluas jejaring diskusi ilmah dengan berbagai kalangan |
Meningkatkan program CSR dalam bisnisnya |
|||
Mengoptimalkan goal congruence dengan institusi dan lingkungan kerjanya |
Meningkatkan sosalisasi hasil kerjasama penelitian dengan berbagai pihak |
Meningkatkan kualitas kesetimbangan kompensasi internal, peluang karir karyawannya, serta profit sharing dengan karyawanya dalam mengembangkan bisnisnya |
|||||
Meningkatkan tingkat adaptasi terhadap cultural diversity di dalam lingkungan kerjanya |
Menjelaskan perbedaan konsep dan pandangan yang diyakini terhadap teori-teori manajemen |
|
|||||
Meningkatkan kapasitas teamwork dalam lingkungan kerjanya |
|
|
|||||
Memperluas jaringan kerjanya |
|
|
|||||
Menguatkan sinergi dalam orientasi kerjanya |
|
|
|||||
D3 |
Bersikap sesuai dengan tuntutan spirital |
· bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan · sikap religius, jujur dan sabar. · menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; · menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. |
|||||
D4 |
Bersikap sesuai dengan tuntutan Sosial |
· berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; · menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; · berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; · bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; · taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
|||||
D5 |
Bersikap sesuai dengan tuntutan Profesional |
· menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; · menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. · Menumbuhkembangkan karakter kemandirian yang didukung oleh sikap kritis dan adaptif terhadap perkembangan ilmu, teknologi dan seni |
Tabel 1 – Deskripsi Generik, Spesifik dan Capaian Pembelajaran (Learning Outcome, LO) Program Studi Manajemen
Kontak Kami
PRODI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI UNY
Kampus Karangmalang
Yogyakarta 55281
Telp: 0274-586168 psw 375
Fax: (0274) 554092
email: manajemen.fe@uny.ac.id
Copyright © 2025,